what is it like to be a visual merchandiser

Sampingan— Strategi marketing memiliki andil yang cukup penting dalam menyukseskan suatu unit bisnis. Tidak mengherankan apabila kini telah bermunculan berbagai macam strategi marketing yang dapat dijalankan.

Sebabnya, setiap unit bisnis memiliki identitas, target pasar, dan minat yang tidak sama antara satu dengan lainnya, sehingga diperlukan pula penyesuaian strategi marketing yang berbeda-beda agar dapat berjalan secara efektif.

Salah satu strategi marketing yang kerap kali diterapkan oleh unit of measurement bisnis—khususnya retail atau bisnis yang bergerak di dalam bidang perniagaan—adalah visual merchandising.

Jika Anda seorang pemilik bisnis retail, istilah visual merchandising barangkali bukanlah hal yang asing karena strategi marketing tersebut biasanya akan dijalankan oleh seorang visual merchandiser yang Anda tugaskan. Akan tetapi, bukan berarti juga setiap pemilik bisnis pasti mengenali dan mengetahui peran seorang visual merchandiser.

Oleh karena itu, tulisan ini akan membantu Anda memahami peran visual merchandiser dengan muatan isi, antara lain pengertian, tujuan, manfaat, tugas dan tanggung jawab, hingga tips mencari staf visual merchandiser.

Apa itu Visual Merchandiser?

apa-itu-visual-merchandiser

Visual merchandiser adalah seseorang yang bertugas untuk menjalankan visual merchandising.

Sementara itu, visual merchandising adalah strategi marketing yang digunakan untuk menciptakan efisiensi, ketertarikan, dan pengalaman berbelanja yang menarik dengan rancangan tiga dimensi atau tata visual produk di dalam toko.

Sebenarnya, visual merchandising dapat dilakukan oleh tim marketing, namun akan lebih efektif jika dilakukan oleh seorang visual merchandiser.

Hal itu didasarkan alasan bahwa tim marketing memiliki tugas yang lebih full general dan luas, sedangkan visual merchandiser hanya berfokus pada perannya dalam melaksanakan praktik visual merchandising.

Tugas dan Tanggung Jawab Visual Merchandiser

Dalam dunia retail, aktivitas seorang visual merchandiser sering dikaitkan dengan planogram atau rencana particular tata penempatan produk, namun nyatanya tidak sebatas pada hal itu saja.

Visual merchandiser memang memiliki tugas utama untuk merancang visualisasi penempatan produk di dalam sebuah toko. Penempatan tersebut dilakukan secara strategis dengan pertimbangan tertentu.

Jenis, dimensi, gramasi, kategori, dan kegunaan produk dapat menjadi faktor penentu visualisasi, serta tambahan faktor lainnya, seperti produk sorotan (highlighted product), kejelasan pemajangan, hingga keterjangkauan antara pelanggan dan produk.

Semua hal tersebut dilakukan guna menciptakan kemudahan bagi pelanggan dalam mendapatkan kebutuhan mereka.

Selain berpusat pada produk, visual merchandiser juga bertanggung jawab dalam memahami calon pelanggan dan elemen yang dimiliki toko.

Pengetahuan akan informasi persona dan demografi calon pelanggan dapat membantu seorang visual merchandiser dalam mengatur production placement atau display product-nya.

Misalnya, calon pelanggan A memiliki kebiasaan berbelanja berupa menyemprotkan parfum sebelum dibeli dan menggunakan preferensi brand tertentu untuk memilih produk yang diinginkannya. Dengan begitu, visual merchandiser dapat menyediakan produk tester dan mengelompokkan brand-brand tertentu pada satu tempat.

Elemen toko pun terliput dalam lanskap kerja seorang visual merchandiser. Memperhatikan pencahayaan, dekorasi, layout, suara, dan denah sama pentingnya dengan memahami produk maupun memantau laporan penjualan bagi seorang visual merchandiser.

Tujuan dan Manfaat Visual Merchandiser

Floor programme penempatan produk yang diatur oleh visual merchandiser tidak dijalankan semata untuk fungsi estetika saja.

Tujuan visual merchandiser membuat tampilan dan penuansaan toko semenarik mungkin dilakukan demi kenyamanan berbelanja bagi para pelanggan. Lalu, fungsi ergonomis itu akan berlanjut pada stimulasi motivasi pelanggan untuk melakukan transaksi pembelian produk di toko.

Keuntungan yang dihasilkan oleh seorang visual merchandiser dengan daya jual soft selling-nya tersebut pun berpotensi untuk terus meningkatkan laba penjualan.

Dengan demikian, manfaat visual merchandiser akan lebih berdampak terhadap kesuksesan jangka panjang dan menjadi aset bagi performa bisnis retail.

Tips Mencari Staf Visual Merchandiseruntuk Bisnis Ritel

Agar strategi visual merchandising dapat berjalan dengan baik, pelaku bisnis tentu perlu mengoptimalkan peran visual merchandiser.

Para pelaku bisnis pun dapat mempekerjakan staf visual merchandiser yang memiliki pengetahuan dan kemampuan yang akan dibutuhkannya.

Beberapa tips mencari staf visual merchandiser berikut dapat Anda jadikan sebagai referensi.

1. Perhatikan sensitivitas kandidat

Seorang visual merchandiser harus peka terhadap berbagai masalah yang dialami oleh calon pelanggan, khususnya pada pengalaman berbelanja mereka.

Pengetahuan akan psikologis dan sosiologis manusia pun dapat membantu visual merchandiser menemukan solusi yang tepat.

2. Lihat kemampuan kreativitas kandidat

Selain harus memiliki kemampuan dalam mencerna informasi untuk membentuk kesimpulan dengan penalaran induktifnya, visual merchandiser juga harus dapat berpikir secara kreatif dan menghasilkan ide-ide yang menarik.

3. Kemampuan koordinasi bekerja dalam tim

Penyeleksian CV, tes kerja, dan administrasi formal lainnya dapat membantu Anda mengenali kandidat staf visual merchandiser, tetapi Anda perlu memastikan kesanggupan kandidat dalam berkoordinasi secara tim.

Visual merchandiser memiliki kerjaan yang berbentuk konseptual, sehingga memerlukan kerjasama dengan tim lainnya dalam memaksimalkan visual merchandising.

Berikan simulasi dan wawancara kerja secara mendalam untuk mengetahui sifat koordinatif kandidat.

Jasa Visual Merchandiser dari Sampingan Business

Kami mengerti bahwa menyeleksi staf visual merchandiser tidaklah mudah. Diperlukan ketelitian dalam memilih staf yang berkualitas dan memenuhi kriteria yang sudah disebutkan di atas. Oleh karena itu, Sampingan Concern menawarkan jasa visual merchandiser yang dapat meningkatkan kualitas aktivitas retail Anda.

Staf visual merchandiser yang disediakan Sampingan Business sudah melalui proses seleksi dan pelatihan yang ketat. Anda dapat merekrut staf visual merchandiser dalam waktu cepat dengan Sampingan Business organization, sehingga waktu Anda tidak terbuang dan aktivitas bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim Sampingan melalui link ini.

Baca juga: Merchandiser: Definisi dan Peran Pentingnya Bagi Bisnis Ritel

scottmanne1937.blogspot.com

Source: https://sampingan.co.id/post/visual-merchandiser

0 Response to "what is it like to be a visual merchandiser"

Отправить комментарий

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel